6 Atraksi Banyuwangi Festival di Bulan Februari yang Wajib Kamu Kunjungi

01 February 2019

Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata yang memukau, salah satunya Banyuwangi. Selain kaya dengan seni budya, Bumi Blambangan ini memiliki alam yang indah. 

Potensi tersebut jadi alasan diselenggarakannya Banyuwangi Festival sejak 2012 lalu. Pada tahun ini, 99 event akan digelar sepanjang 2019, mulai dari atraksi seni budaya, pesona alam, sport tourism, hingga tradisi-tradisi lokal.

Namun, tidak seluruh event dilaksanakan dalam bulan yang sama. Kami merangkum enam atraksi Banyuwangi Festival yang digelar pada bulan Februari dan sayang untuk dilewatkan. 

  1. Banyuwangi Culture Everyday
    Festival satu ini memang berbeda, diadakan setiap malam. Pada Februari ini, kalian bisa menyaksikan beragama atraksi seni khas Banyuwangi di alun-alun kota Taman Blambangan. Di antaranya, pertunjukan tari, musik, janger, kuntulan, hingga barong.

 

  1. Chocolate Glenmore Run
    Glenmore adalah kawasan perbukitan nan sejuk, salah satu penghasil kakao terbaik dunia. Festival ini digelar di kawasan perkebunan Kendeng Lembu, pada 15 Februari 2019. Para pelari akan diajak menyusuri hamparan areal perkebunan karet dan kakao seluas 1.500 hektare. Mereka juga bisa menikmati kuliner berbahan cokelat yang diolah penduduk setempat.

 

  1. Chocolate Jazz & Food Festival
    Festival ini akan digelar pada 16-17 Februari 2019.  Dalam acara ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman unik dengan iringan musik jazz sambil menyesap kelezatan cokelat tepat di tengah-tengah perkebunannya.

 

  1. Chocolate Happy Cycling
    Pada 17 Februari 2019, akan ada Chocolate Happy Cycling, bersepeda sambil menikmati kopi. Ada dua kategori yang dilombakan, yaitu Gowes Happy dan MTB Racing (kompetisi). Para pembalap akan menempuh rute sejauh 20,4 km, dengan medan yang 80 persen penuh tantangan dengan suasana khas perkebunan.

 

  1. Festival Lembah Ijen
    Festival Lembah Ijen adalah prakarsa kebudayaan persembahan masyarakat di kaki Gunung Ijen untuk melestarikan seni budaya tradisional, sekaligus mendukung keberadaan Gunung Ijen sebuah situs geopark nasional yang memadukan keindahan alam dn kehidupan manusia sekitar. Festival ini berlangsung setiap bulan dengan menampilkan Sendratari Meras Gandrung. Kali ini acara tersebut akan diadakan pada 23 Februari 2019.

 

  1. Festival Band Pelajar Se-Jawa dan Bali
    Banyuwangi Festival tampil beda dengan memberikan ruang kreasi bagi anak muda. Berbagi kelompok musik pelajar dari berbagi daerah di Jawa dan Bali bakal unjuk kreativitas di Bumi Blambangan pada 26-27 Februari 2019. Beragam aliran musik hadir memperkaya khazanah seni anak-anak muda calon musisi masa depan.

Sumber: liputan6.com

Share This